Sebuah pemikiran:

Meng-INDONESIA-kan CSR (Corporate Social Responsibility)

Sebuah pemikiran…………….

bagaimana kalau kita mendekatkan budaya/bahasa/komunikasi untuk menerjemahkan kepanjangan arti CSR dalam arti yang sama bagi masyarakat Indonesia, sehingga terdapat padanan pengertian dan menghindar dari kebiasaan berlanjut menggunakan bahasa asing di negeri sendiri.

Semoga maksud sebuah pemikiran ini tidak bermaksud menolak bahasa asing di Indonesia namun lebih mendekatkan pengertian yang lebih mudah diterima untuk setiap lapisan masyarakat di Indonesia. Sebagaimana kita sudah mengenal Seni Rupa, Budaya Bangsa, Pilar Demokrasi, Abdi Dalam, dll yang sesungguhnya sudah diterima seutuhnya menjadi kata ataupun kalimat bahasa Indonesia.

Oleh sebab itu alangkah indahnya bila kita dapat menggunakan kata pengganti CSR yang diambil dari bahasa Sansekerta yaitu: cagak; tiang, pilar – sawita; mengabdi – rupa; rupa, bentuk, wujud.

Diambil dari: KAMUS SANSEKERTA INDONESIA, Dr. Purwadi, M.Hum, Eko Priyo Purnomo, SIP

CSR (CAGAK SAWITA RUPA) – PILAR BERAGAM PENGABDIAN
Terima kasih dan salam,
23.09.13 – Rudijanto Gunawan
Anggota Indonesia CSR Society

——————————————————————————————————————————

Masyarakat Cagak Sawita Rupa (CSR) Indonesia
Corporate Social Responsibility (CSR)
Society Indonesia

 

Visi dan Misi

Di dalam Masyarakat Cagak Sawita Rupa (CSR) Indonesia, kami berupaya untuk dapat membuat perbedaan positif dalam masyarakat di mana kita hidup dan bekerja. Kami menyadari bahwa perilaku yang bertanggung jawab adalah suatu keharusan dalam menciptakan peluang untuk menghasilkan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat, dan bersamaan dengan itu akan mendorong pembangunan berkelanjutan di masyarakat dan bangsa di mana kami mengembangkan kegiatan bisnis dan aktivitas kemasyarakatan.

Kami akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari semua pihak yang berinteraksi dengan kita, termasuk seluruh anggota perhimpunan, masyarakat di mana kita hidup dan bekerja, pemerintah, atau orang-orang serta pihak lain dengan siapa kita terlibat dalam pembangunan yang berkesinambungan dari sumber daya kapital dan sosial.

Tujuan Masyarakat Cagak Sawita Rupa Indonesia

Pembentukan forum ini untuk memberikan kesempatan bagi Praktisi CSR dari perusahaan untuk bertemu secara teratur untuk membentuk jejaring dan mendiskusikan secara terbuka, bertukar dan berbagi pandangan serta informasi mengenai berbagai topik dan permasalahan yang berkaitan dengan kebijakan dan praktik CSR pada saat ini maupun yang akan menjadi trend secara umum, serta rencana dan strategi masa depan di Indonesia.

Sebagai forum, tujuan kami adalah untuk melaksanakan proyek-proyek penting yang meliputi kegiatan tanggung jawab sosial perusahaann(CSR), pendidikan dan penyebaran inisiatif CSR, Seminar dan Lokakarya dengan pembicara tamu mengenai topik-topik CSR yang menarik bagi Masyarakat, Perusahan dan liputan media.