Jakarta, 23 Agustus 2016 – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Caterpillar, meningkatkan dukungannya dalam memajukan pendidikan nasional dengan mencanangkan program pendidikan Trakindo Bangun Karakter Bangsa. Inisiatif ini merupakan program berkelanjutan yang berfokus pada peningkatan 18 nilai karakter yang dirumuskan oleh pemerintah. Sebagai langkah awal program Trakindo Bangun Karakter Bangsa, hari ini diselenggarakan pelatihan Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) 2016.

Candy Sihombing, CSR Manager PT Trakindo Utama, mengatakan, “Trakindo Bangun Karakter Bangsa mencerminkan peningkatan dukungan Trakindo kepada pemerintah untuk memajukan pendidikan berbasis karakter, melalui pelatihan seperti Praktik Pembelajaran Guru Terbaik (PPGT) 2016 yang dilakukan hari ini. PPGT merupakan wadah bagi pengajar di Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan kami untuk menambah wawasan, bertukar pengalaman, serta mengimplementasikan pengetahuan ketika kembali ke sekolah masing-masing. Program ini selaras dengan Rencana Strategis Kemendikbud tahun 2015–2019 yang bertujuan melakukan peningkatan mutu dan relevansi pembelajaran yang berorientasi pada pembentukan karakter.”

PPGT 2016 mengusung tema “Menjadi Inspirasi yang Memajukan Penerus Bangsa” dan diikuti oleh para kepala sekolah dari 40 SDN binaan Trakindo di seluruh Indonesia. Para pembicara PPGT tahun ini antara lain Sri Hidayati M.Si, Kepala Bidang Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia; Sarjoko, pendiri Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ar Ridho Surakarta, dan Sabar Liwang Panggabean, pakar sumber daya manusia.

“Pada PPGT tahun ini kami membekali para peserta dengan materi kepemimpinan pendidikan karakter. Dengan pembekalan ini, kami harap dapat membantu sekolah dalam menghadapi tantangan masa depan. Kepala sekolah memperoleh wawasan untuk merumuskan visi dan misi sekolah secara partisipatif, menyusun program sekolah, merumuskan peraturan sekolah secara partisipatif, dan rencana tindak lanjut,” tambah Candy.

Untuk mewujudkan sekolah model pendidikan karakter dengan layanan prima, berdaya saing, inovatif dan partisipatif, kepala sekolah perlu secara berkala meninjau dan merumuskan kembali visi dan misi sekolah. Visi sekolah yang baik bukanlah berdasarkan angan-angan, namun harus berdasarkan pada potensi yang dimiliki, tantangan serta harapan bersama pihak sekolah dan masyarakat.

Komitmen tinggi Trakindo untuk mendukung anak bangsa dalam berkarya dan memajukan diri telah terpatri selama 45 tahun perjalanan Trakindo di Indonesia. Pada tingkat pendidikan menengah, sejak tahun 1996, Trakindo bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam membantu SMK pada program studi Teknik Alat Berat. Program tersebut meliputi kurikulum yang saat ini telah diadopsi oleh pemerintah menjadi kurikulum nasional, juga peningkatan kompetensi guru dan siswa, bantuan sarana, hingga assesment skill. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 3.000 lulusan dan lebih dari 100 guru dan tenaga pendidik yang telah mendapatkan manfaat dari program tersebut.

Pada tingkat Sekolah Dasar, sejak tahun 2010, Trakindo mencanangkan program pendidikan bagi 40 SD negeri di seluruh Indonesia yang fokus pada pembangunan pendidikan karakter melalui peningkatan tata kelola sekolah dan peningkatan kompetensi guru.

Pengembangan berbagai program pendidikan memerlukan kerja sama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan. Trakindo berharap kemitraan antara pemerintah, pihak swasta, sekolah, guru dan tenaga pendidik dapat selalu terjalin demi terwujudnya cita-cita kemajuan pendidikan nasional yang berkarakter.

3

4