Kegiatan penggalangan dana oleh karyawan Trakindo Head Office dan Training Center Cileungsi melalui funwalk charity, pada saat Employee Fun Day 2014 lalu, dimanfaatkan untuk melaksanakan program pelatihan kesiapsiagaan bencana di sekolah-sekolah binaan Trakindo. Hal ini dikarenakan perusahaan merasa perlu untuk terjun langsung dalam usaha kesiapsiagaan bencana. Sesuai dengan Pilar Pendidikan dan Bantuan Kemanusiaan yang diterapkan oleh Trakindo.

Pilot project pelatihan kesiapsiagaan bencana ini dilakukan di 10 SDN binaan Trakindo yang terpilih. Harapannya, penerima manfaat dari program ini dapat mengerti dan dapat melakukan perencanaan yang baik ketika bencana terjadi. Dalam melaksanakan program- program pelatihan kesiapsiagaan bencana ini, Trakindo bekerja sama dengan lembaga nonprofit yang ahli dalam persiapan kebencanaan.

Para volunteers Trakindo diberi pelatihan terlebih dahulu mengenai program kesiapsiagaan bencana ini sebelum akhirnya mereka bisa memberikan pelatihan di SDN binaan Trakindo yang ditunjuk.

Sampai bulan Oktober 2015, pelatihan kesiapsiagaan bencana telah dilakukan di SDN 07 Cileungsi, Bogor; SDN Meunasah Ara, Aceh; SDN 1 Sungai Kapitan, Pangkalan Bun; SDN 2 Rumah Tiga, Ambon; SDN 07 Baruga, Kendari; SD Inpres Nunbaun Delha, Kupang; SD Inpres 1 Ujuna, Palu dan SD Inpres Polder, Merauke.

Program pelatihan kesiapsiagaan bencana ini diharapkan dapat membuat siswa dan masyarakat waspada dan mengerti cara menangani bencana dan langkah menghadapi bencana ini dapat menjadi budaya di sekolah dan masyarakat. ***