PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui sejumlah kegiatan edukasi dan pelatihan kepada mahasiswa. Kali ini, BCA mengadakan program pelatihan pengembangan diri dengan tema “Star Leader Program” kepada mahasiswa penerima Beasiswa Bakti BCA dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB). Pelatihan ini termasuk salah satu dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) BCA ke-59 dalam bidang Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Cerdas.

Hadir dalam pembukaan pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini Head of CSR BCA Sapto Rachmadi, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa UI Rosmalita, Kasubdit Kesejahteraan Mahasiswa IPB Katrin Roosita, Sabtu (13/2). Sebagai pembicara, Direktur PT Qando Qoaching Julian Foe hadir untuk memberikan pembekalan dan motivasi kepada para mahasiswa.

“Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang perlu terus ditingkatkan kualitasnya mengingat ketika lulus kuliah, mereka akan menghadapi tantangan untuk dapat bersaing dengan bangsa lain, terutama memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Berbagai pihak kini terus berupaya untuk mengembangkan kualitas diri mahasiswa supaya tidak hanya memiliki generasi yang mampu bersaing, namun juga melahirkan calon pemimpin bangsa yang membanggakan. BCA sebagai institusi perbankan yang ikut ambil bagian dalam membangun negeri, turut berkomitmen dalam mengembangkan karakter dan kemampuan diri mahasiswa,” ujar Sapto.

Sapto mengatakan, seiring berjalannya waktu mahasiswa akan memasuki dunia kerja. Sebelumnya, mereka perlu mempersiapkan diri agar memiliki jiwa yang positif, karakter yang kuat, dan berkompeten dalam bidang pekerjaan yang digelutinya. Melalui pelatihan ini, BCA memberikan pembekalan akan pentingnya etos kerja, motivasi, daya kreasi dan inovasi yang tinggi agar mahasiswa dapat masuk dan bertahan di dunia pekerjaan. Mahasiswa perlu menyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.

Dalam acara ini, para peserta akan diberikan empat pembekalan. Petama, self management untuk membangun kapasitas kepemimpinan yang profesional. Task management untuk membangun kapasitas kepemimpinan dalam mengerjakan tugas. Selanjutnya, relationship management untuk mempelajari keterampilan membangun hubungan yang efektif dalam team dan mengelola perbedaan dalam team. Terakhir, winning life style untuk mengembangkan pola berfikir dan membangun motivasi diri dalam rangka mencapai keberhasilan.

Pelatihan pengembangan diri untuk mahasiswa penerima Beasiswa Bakti BCA telah berlangsung secara berkelanjutan. Sebelumnya, BCA sudah pernah mengadakan pelatihan kepada penerima beasiswa Bakti BCA di Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Gadjah Mada.

“Kami berharap melalui program ini BCA dapat mendorong lahirnya generasi muda yang profesional, dan berkompeten. Segala kerja keras dan upaya berbagai pihak dalam meningkatkan kualitas SDM tidak ada yang sia-sia, mari kita lihat kesuksesan bangsa ini di masa yang akan datang,” tutup Sapto. (*)

Keterangan Foto:
(1) Head of Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Sapto Rachmadi (ketiga kanan) menyerahkan ungkapan terima kasih kepada manajemen Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) disaksikan oleh perwakilan mahasiswa dari UI dan IPB. Pelatihan pengembangan diri dengan tema “Star Leader Program” ini termasuk salah satu dari rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 BCA dalam bidang CSR Bakti BCA pilar Solusi Cerdas.

(2) Melalui pelatihan ini, BCA memberikan pembekalan akan pentingnya etos kerja, motivasi, daya kreasi dan inovasi yang tinggi agar mahasiswa dapat masuk dan bertahan di dunia pekerjaan. Mahasiswa perlu menyesuaikan pengetahuan dan keahlian yang diperoleh di perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja.