Bertempat di Bromo Room, Mercantile Athletic Club, di lantai 18 gedung World Trade Center kawasan Sudirman, pertemuan Forum Indonesia CSR Society (ICS) kali ini digelar, Rabu (14/1/2015). Tercatat sudah 8 kali pertemuan yang diadakan oleh Forum ICS. Yang berguna sebagai ajang sharing, diskusi, konsolidasi dan koordinasi rutin internal forum.

Pada kesempatan itu, PT. Freeport Indonesia bertindak sebagai tuan rumah. Perusahaan tambang terkemuka di dunia itu, telah mengirimkan perwakilannya untuk ikut serta dalam Forum ICS, sejak pertemuan formal yang dihelat di Trakindo pada 18 Agustus 2104 yang lalu. Saat itu, Freeport Indonesia mengirim Amelia Willem sebagai wakil perusahaan.

Selaku tuan rumah, Freeport Indonesia hadir bersama sekitar 8 orang wakil perusahaan. Di antaranya, Riza Pratama, Sonny Kosasih, Amelia Willem, Daisy K Primayanti, dll. Sedangkan dari Forum ICS sendiri, anggota yang berkesempatan datang adalah: Inge Setiawati dan Sapto Rachmadi (BCA), Mia Rubianti (The Jakarta Post), Hardanto Subagyo (Kompas), Suwarno M Serad, Rudijanto Gunawan, Sindaka, dan Yudi Eko Wicaksono (Djarum Foundation), R. Artsanti (Japfa Comfeed), Candy Sihombing dan Maria T Kurniawati (Trakindo), M. Gunawan Alif (Universitas Indonesia), Didik Kuntadi (Antam), M. Iqbal Haikal dan Fauzan Mufid (Jakarta Baru), Corry Triwardani (Chevron), serta Miko Asih (Total).

Sesuai tradisi Forum ICS, Freeport yang kebetulan mendapat giliran sebagai tuan rumah, melakukan presentasi tentang segala aspek dari kegitan CSR perusahaan. Setelah didahului kata sambutan dari Didik Kuntadi mewakili ICS, Riza Pratama dengan dibantu rekannya dari Freeport menerangkan dan menjawab segala pertanyaan dan komentar forum.

Sementara itu, Sonny Kosasih yang juga menjabat sebagai EPV-Chief of Strategy Officer PT. Freeport Indonesia, membuka diskusi tentang situasi politik terkini dan prospek ekonomi 2015. Di sela waktu pertemuan juga diberikan kesempatan kepada Jakarta Baru untuk mempresentasikan perkembangan website Forum ICS. Selain itu, inaugurasi resmi dilakukan secara simbolik dengan menyematkan pin logo ICS oleh Gunawan Alif dan Didik Kuntadi kepada Sonny Kosasih.

Pertemuan kemudian diakhiri dengan mencatat beberapa rekomendasi agenda ke depan. Di antaranya: rencana launching Forum ICS yang akan dirumuskan oleh tim kecil di Djarum Foundation, Publikasi dan disseminasi Forum ICS, kemungkinan untuk membuat penghargaan CSR, kemungkinan untuk mengadakan seminar, dan lain sebagainya. Selain itu, juga direncanakan untuk memperbesar jumlah anggota ICS dengan mengundang lembaga CSR perusahaan lainnya. *** Noted: waktu pertemuan, 14 Januari 2015.