Pertemuan Indonesia CSR Society Di Trakindo

 

1

Pertemuan Indonesia CSR Society (ICS) kali ini kembali menyuguhkan suasana baru. Diadakan di kantor pusat Trakindo Utama Jakarta pada 18 agustus 2014, forum ICS kedatangan tamu baru yang mewakili perusahaan media, yaitu dariĀ  Kompas, dan Jakarta Post, juga dari CSR sebuah perusahaan tambang yang sudah tak asing lagi yakni Freeport Indonesia. Tentu hal ini diharapkan oleh forum ICS semakin memperluas jaringan dengan kehadiran perusahaan tersebut menjadi anggota.

2

Sesuai tradisi ICS, Trakindo Utama selaku tuan rumah mengawali forum dengan presentasi mengenai kegiatan CSR perusahaan. Salah satu fokus utama CSR Trakindo adalah bidang pendidikan. Pada slide presentasi terpampang peta kepulauan Indonesia. Dalam peta tersebut terlihat beberapa titik-titik yang menunjukkan sebaran kegiatan CSR Trakindo Utama di bidang pendidikan di seluruh Indonesia.

3

Tak hanya menyasar pada peningkatan kualitas pendidikan, selayaknya sebuah perusahaan alat berat, Trakindo Utama juga concern terhadap pembangunan fisik sekolah. Presentasi menyebutkan bahwa Trakindo telah melakukan renovasi terhadap sekitar 40 Sekolah Dasar dengan 500 ruang kelas. Program itu berdampak pada sebanyak 14.000 murid Sekolah Dasar. Selain itu, fokus kegiatan CSR Trakindo juga berlangsung pada lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja.

4

Juga tak kalah penting adalah menjadi yang terdepan untuk bantuan bencana alam dimulai dari masa evakuasi dan rehabilitasi. Tentu saja dalam hal ini yang menjadi salah satu andalannya adalah aksesibilitas terhadap kebutuhan alat berat. Usai presentasi, forum terus bergulir dengan diskusi. Nyaris seluruh peserta forum tampak bergairah untuk melontarkan pendapatnya.

5

Pertemuan kemudian melahirkan beberapa agenda rekomendasi ke depan. Di antaranya, mengkomunikasikan forum ICS melalui media, persiapan deklarasi atau launching forum ICS, dan rencana tempat pertemuan berikutnya. Nah, agenda inti yang juga dibahas pada pertemuan itu, sebagaimana yang sudah disepakati sebelumnya adalah Forum ICS akan melakukan touring atau kunjungan ke CSR binaan BCA di Yogyakarta. Kegiatan tersebut dipandang penting oleh ICS, selain sebagai wujud dari visi misi forum, juga bermanfaat sebagai benchmarking atau semacam studi banding.

6