Salah satu wujud komitmen berkelanjutan Trakindo dalam mencerdaskan bangsa dan membantu menghasilkan generasi penerus yang berkarakter mulia adalah dengan melaksanakan program pendidikan di 40 Sekolah Dasar Negeri (SDN) binaan di seluruh Indonesia sejak tahun 2010. Sebagai upaya keberlanjutan program tersebut, di tahun 2015 ini Trakindo meluncurkan program “Mandiri Bersama Trakindo” (Memajukan Diri dengan Ilmu Teknologi Informasi dan Komunikasi Bersama Trakindo).

Inti dari program tersebut adalah pelatihan pembelajaran aktif berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikhususkan kepada 40 sekolah binaan Trakindo di seluruh Indonesia termasuk di daerah Timika dan Samarinda. Untuk daerah Timika, Pelatihan TIK tahap I dilaksanakan pada hari Jumat dan Sabtu tanggal 18-19 September 2015. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Bapak Paulus (Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kab. Mimika).

Untuk wilayah Papua, proses pembelajaran di Sekolah Dasar dengan menggunakan Teknologi Informasi memang masih sangat kurang bila dibandingkan dengan wilayah lainnya. Oleh sebab itu, dengan adanya momentum Pelatihan TIK ini, para guru yang ada di Kabupaten Mimika sangat antusias mengikuti Pelatihan TIK ini, mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para pesertanya. Semangat dan antusiasme sangat terlihat dari keaktifan peserta yang selalu bertanya apabila ada hal yang kurang dimengerti.

Hal serupa juga terjadi di SDN 027 Sengkotek Loa Janan Samarinda. Para peserta memberikan kesan yang sangat positif terhadap pelatihan ini karena kompetensi dan wawasan mereka di bidang TIK menjadi bertambah dengan adanya pelatihan. Seperti yang diungkapkan oleh Ibu Laela Khasanah S.Pd. selaku Kepala Sekolah SDN 027 Sengkotek Loa Janan, “Pelatihan ini sangatlah bermanfaat dan berkesan sekali bagi kami dan diharapkan pelatihan TIK dapat diadakan kembali oleh Trakindo.”

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Dr. H. Asli Nuryadin, S.Pd., MM., Mpd. yang didampingi oleh Bapak Azkhwaldi Aziz Chan (Branch Manager Trakindo Samarinda) serta dihadiri oleh Gugus 2 Kecamatan Loa Janan sebanyak 6 sekolah SDN yang diwakili oleh Kepala Sekolah dan tiga guru pengajar.

Semoga dengan dilaksanakannya pelatihan ini akan memberikan manfaat lebih, terutama dalam cakrawala dunia pendidikan yang berkembang sangat pesat. ***