Timika, 21 Februari 2016 – Anak-anak di terlihat ramai berkumpul di SD Inpres  Kwamki Lama, Minggu siang, 21 Februari 2016. Pada hari itu mereka bertemu dengan Masyarakat CSR Indonesia (Indonesia CSR Society) yang datang berkunjung ke sekolah mereka untuk berbagi cerita, bernyanyi bersama, dan membagikan bingkisan paket gizi dan makanan bagi anak-anak SD tersebut.

Kegiatan ini merupakan aktivitas bersama dari anggota Masyarakat CSR Indonesia (MCSRI) yang secara berkelanjutan melakukan sejumah kegiatan bersama bagi murid-murid SD untuk mendorong mereka terlibat dalam sejumlah kegiatan kreatif dan sekaligus membagikan paket gizi dan makanan bagi anak-anak yang memang memerlukannya.

Sebelumnya MCSRI telah menggelar kegiatan serupa bagi anak-anak SD di Gondang Legi, Kabupaten Malang, Jawa Timur, dan masih akan terus melanjutkan kegiatan yang serupa di beberapa daerah lainnya di Nusantara. MCSRI juga telah melakukan sejumlah kegiatan CSR lainnya sehingga memperoleh penghargaan dari Menteri Sosial Khofifah Indah Parawansa.

“Kami memang ingin ikut berbagi dengan sejumlah anak-anak SD yang memang memerlukan kegiatan yang positif untuk mendorong mereka agar kian kreatif,” jelas Dr. M. Gunawan Alif, Ketua Masyarakat CSR Indonesia. “Selain itu kita juga memberikan sejumlah paket gizi bagi anak-anak tersebut.”

Kegiatan ini dimungkinkan karena MCSRI memperoleh dukungan dari Bank BCA, PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk, PT Handal Cipta Sarana dan Kelly Services yang merupakan bagian dari MCSRI ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Masyarakat CSR Indonesia memang berusaha untuk memadukan dukungan dari sejumlah perusahaan agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat yang memerlukan sejumlah dukungan agar dapat berkembang dengan lebih baik,” jelas Dr. Gunawan Alif.

Tak hanya berhenti dengan mendukung anak-anak di SD Inpres Kwamki Lama, MCSRI juga akan melakukan kegiatan serupa di SD Taruna, Timika. Dalam kegiatan ini sejumlah perusahaan yang juga menjadi bagian dari Masyarakat Cagak Sawita Rupa Indonesia juga ikut berpartisipasi memberikan dukungan. Perusahaan yang terlibat dalam kegiatan di SD Taruna ini adalah Bank BCA, PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk, PT Unilever,  Harian Kompas, PT Handal Cipta Sarana, Kelly Services dan PT Freeport Indonesia.

Masyarakat CSR Indonesia juga melakukan kunjungan ke PT Freeport Indonesia untuk studi banding dan berdiskusi mengenai kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan. “Dengan berdiskusi dan saling bertukar pikiran mengenai kegiatan CSR yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan maka segenap anggota Masyarakat CSR Indonesia dapat belajar dan memahami dengan lebih baik bagaimana inisiatif CSR sebaiknya dilakukan,” tutur Dr. Gunawan Alif.

PT Antam, Dan Liris, Djarum Foundation, Jakarta Baru, dan PT Trakindo merupakan anggota  Masyarakat CSR Indonesia lainnya yang ikut dalam studi banding ke PT Freeport Indonesia. Sebelumnya kunjungan studi semacam ini juga teah dilakukan ke PT Djarum di Kudus, PT Holcim di Tuban, dan mempelajari kegiatan CSR BCA di Yogyakarta. “Dengan saling belajar dan berbagi kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas kegiatan CSR bagi anggota-anggota kami,” pungkas Dr. Gunawan Alif. (*)