Basur adalah jenis unggas yang lebih ramping dibandingkan bebek ternak lainnya. Daging Basur utuh bisa mencapai 3kg cukup untuk 4-6 porsi. Daging yang merupakan bahan utama masakan khas Cilacap yaitu Brekecek. Daging basur dipilih karena lebih gurih dibanding ayam dan mengandung nilai gizi yang tidak kalah dengan ternak lainnya. Brekecek basur dibuat dari daging basur, dipotong kecil-kecil, dimasak dengan merica, kunyit, jahe, gula merah serta bumbu lainnya sehingga menghasilkan rasa yang unik dan pedas

Masyarakat di sekitar Jl. Pepaya, Tambak reja Cilacap Selatan merintis dan mengembangkan peternakan basur untuk memasok restoran terdekat. Sedangkan kotorannya dimanfaatkan sebagai pupuk yang dijual keperkebunan pepaya setempat.

Guntur Priyanggodo, Kepala KUB Lumbung Basur Berkah berkomentar, “Peternakan basur cukup mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Kami menggunakan lahan tidur, dengan modal awal yang cukup untuk membangun 8 kandang yang menampung 160 ekor basur “.

Etie Trie, Community Relations Officer Cilacap Plant mengatakan, “Peternakan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk mempertahankan rantai pasokan bisnis ini, dan juga memberikan kontribusi untuk membantu masyarakat setempat menjadi mandiri secara ekonomi”.

holcim - lumbung basur sl