Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) merupakan wujud nyata peran serta Perusahaan dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat sekitar yang sudah diterapkan sejak Perusahaan berdiri yang mencakup aspek Pendidikan, aspek Kesehatan, aspek Lingkungan, aspek Sosial Kemanusiaan dan aspek Ekonomi.

Pada pelaksanaannya, Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan tidak hanya ditujukan kepada masyarakat dan lingkungan sekitar Perusahaan, namun juga terhadap kesejahteraan seluruh karyawan dan eks karyawan.

Sepanjang periode kuartal keempat tahun 2015 sampai dengan kuartal pertama tahun 2016, kegiatan CSR dari PT. Dan Liris mencakup berbagai aspek, yaitu Pemberdayaan Masyarakat, Kesehatan, Perbaikan Sarana Fisik, Sosial Kemanusiaan dan Pendidikan. Program Pemberdayaan Masyarakat berupa pemberian modal kerja untuk usaha warung makan, modal kerja berupa pemberian gerobak untuk berdagang, modal kerja berupa pemberian mesin las untuk usaha bengkel, mengadakan pelatihan merajut bagi warga sekitar Perusahaan dan juga bagi hasil panen sawah dengan kelompok tani setempat.

Kegiatan CSR di bidang Kesehatan berupa pembangunan jamban dan renovasi kamar mandi. Kegiatan CSR di bidang Perbaikan Sarana Fisik berupa renovasi rumah, pembangunan rumah karyawan yang roboh karena bencana angin puting beliung dan renovasi balai pertemuan warga yang berada di dekat Perusahaan. Kegiatan di bidang Sosial Kemanusiaan berupa kegiatan donor darah yang rutin dilakukan setiap 3 bulan sekali bekerja sama dengan PMI Surakarta. Sedangkan kegiatan di bidang Pendidikan berupa pemberian kesempatan kepada sekolah-sekolah untuk melaksanakan program Praktek Kerja Industri/ Magang.

Selain kegiatan-kegiatan CSR yang sudah dilakukan diatas, sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan Perusahaan terhadap kinerja karyawan, Perusahaan memberikan reward kepada 10 orang karyawan berprestasi berupa paket Ibadah Umroh. Kegiatan Ibadah Umroh ini sendiri sudah dilaksanakan pada tanggal 05-13 Maret 2016.

Dengan dilaksanakannya Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan ini, diharapkan bahwa relasi antara Perusahaan dengan masyarakat, lingkungan sekitar Perusahaan maupun dengan karyawan akan semakin terjalin dengan baik, dan Perusahaan benar-benar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perkembangan dan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat. (*)