Jakarta, 15 Mei 2016 – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus mendorong upaya peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia. Kali ini, BCA bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melanjutkan komitmennya dalam mengoperasikan Mobil Literasi Keuangan (SiMOLEK). Kegiatan yang dilangsungkan di Jakarta pada 23-27 Mei ini termasuk dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Cerdas.

Hadir dalam acara ini Direktur BCA Armand Hartono, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Anggar B. Nuraini, Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas V. M. Tarihoran, Deputy Direktur Edukasi OJK Jalius, dan Deputy Direktur Literasi dan Informasi OJK Greta Joice untuk meninjau operasionalisasi SiMOLEK pada 15 Mei 2016 di area Car Free Day, Jakarta. Petugas edukasi dalam acara ini dilakukan oleh pihak OJK dan Halo BCA.

“Sebagai bagian dari industri keuangan di Indonesia, BCA senantiasa berupaya untuk mengambil bagian dalam peningkatan literasi keuangan khususnya di wilayah-wilayah yang belum memiliki infrastruktur yang merata dan baik. Hal ini yang mendorong BCA untuk kembali mengoperasionalisasikan SiMOLEK, dan dimulai dari Jakarta terlebih dahulu. Melalui acara yang berlangsung selama lima hari ini, tentu saja kami berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas dalam mengelola keuangan, mengakses informasi, dan menggunakan produk jasa keuangan,” ujar Armand.

Berbagai fitur dan fasilitas dapat dijumpai pada SiMOLEK, antara lain materi edukasi keuangan mengenai peran dan fungsi OJK dan perbankan, serta berbagai produk perbankan. Berbagai fitur dan manfaat ini bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat mengenai literasi keuangan, mendorong dan meningkatkan minat masyarakat menggunakan produk/jasa keuangan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan produk/jasa keuangan. Kegiatan edukasi ini turut mendukung program kerja pemerintah dan OJK yang telah dituangkan dalam peluncuran Cetak Biru Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia pada tanggal 19 November 2013.

Selain mengoperasikan mobil SiMolek, BCA juga menghadirkan mobil Kas BCA yang memungkinkan masyarakat untuk lebih mengenal berbagai produk perbankan yang telah ada. Dengan demikian masyarakat dapat semakin memahami manfaat, fitur, hak dan kewajiban, risiko, perhitungan bunga dan denda, serta berbagai pengetahuan perbankan lainnya.

Selain berpartisipasi dalam mengoperasikan SiMOLEK, BCA juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan literasi keuangan dan memberikan edukasi solusi perbankan. Edukasi ini telah dilakukan kepada masyarakat umum tidak terkecuali anak-anak dan keluarga Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Bagi para siswa, BCA mengedukasi dengan mengembangkan produk Simpanan Pelajar (SimPel); bekerja sama dengan Kidzania untuk mengembangkan sarana edukasi perbankan dalam bentuk edutainment; serta memasukkan literasi keuangan dalam program Daycare yang diperuntukkan bagi anak-anak karyawan BCA. BCA juga mengedukasi anak-anak dan keluarga TKI di Cirebon, Indramayu, serta Sukabumi dan berpartisipasi dalam kegiatan edukasi keuangan bagi TKI di Hongkong.

“Melalui program-program ini kami berharap angka literasi keuangan di Indonesia semakin meningkat dan berdampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutup Armand. (*)

Keterangan Foto:
(1) Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Armand W. Hartono, Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S. Soetiono memberikan edukasi kepada masyarakat di Car Free Day Jakarta, Minggu (15/05). Edukasi melalui kehadiran Mobil Literasi Keuangan (SiMOLEK) ini merupakan bukti nyata komitmen BCA untuk terus mendorong upaya peningkatan indeks literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

(2) Dukungan BCA pada operasionalisasi SiMOLEK termasuk dalam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti BCA pilar Solusi Cerdas. Melalui acara yang berlangsung selama lima hari ini, BCA berharap dapat mendorong terciptanya masyarakat yang cerdas dalam mengelola keuangan, mengakses informasi, dan menggunakan produk jasa keuangan.