BCA

Yogyakarta, 26 September 2014 PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui program Bakti BCA Solusi Bisnis Unggul memfasilitasi kegiatan kunjungan dan studi banding (benchmarking) terhadap UMKM binaan di daerah Yogyakarta yang dilakukan oleh anggota Indonesia CSR Society Perhimpunan Nirlaba di bidang CSR yang beranggotakan para praktisi CSR dari berbagai perusahaan dan organisasi di Indonesia. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, tanggal 25 dan 26 September 2014. Sebanyak dua puluh lima anggota Indonesia CSR Society yang berasal dari UI, Japfa, Djarum, Jakarta Baru, Aneka Tambang, Chevron, Unilever, Freeport, Jakarta Post, Trakindo, Kompas, Medco dan BCA turut serta mengikuti kegiatan kunjungan ini. Turut mendampingi dalam acara ini Head of CSR BCA Sapto Rachmadi.

Sapto mengatakan, BCA melalui Bakti BCA Solusi Bisnis Unggul berupaya memberikan perhatian dan dukungan dalam pemberdayaan masyarakat, program ini dikembangkan sejalan dengan keunggulan BCA dalam payment system. Implementasi program ini adalah melalui pembentukan dan pengembangan Lembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama.Lebih lanjut dijelaskannya, Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi para pelaku usaha kecil dan menengah agar mereka dapat mengembangkan usaha secara lebih berkelanjutan dan kompetitif, dan kami mendorong agar LPB Mitra Bersama Yogyakarta juga aktif menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan, lembaga pemerintah atau lembaga lainnya yang terkait untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang menjadi binaannya.

Sejak tahun 2009 bersama dengan PT Astra International Tbk dan PT Pertamina Tbk, BCA berkolaborasi mengembangkanLembaga Pengembangan Bisnis (LPB) Mitra Bersama Yogyakarta melaluiYayasan Dharma Bhakti Astra. LPB ini dimulai tahun 2009 di Sidoarjo, JawaTimur, tahun 2010 di Palembang, Sumatera Selatan dan Bukit Tinggi, Sumatera Barat, tahun 2012 di Yogyakarta, dan tahun 2013 di Pontianak, Kalimantan Barat.

Kunjungan dan studi terhadap UMKM binaan LPB MitraBersama Yogyakarta dilakukan di empat UMKM yang terletak di wilayah Bantul, Yogyakarta, yaitu : ED Alumunium, yang berawal dari pembuatan alat rumah tangga dan sekarang sudah masuk ke pembuatan sparepart serta velg racing; Gontong Handicraft, yang memproduksi kerajinan berbahan Vinyl seperti tempat tissue, tempat arloji,nampan dll; Ira Sari Leather, UMKM yang bergerak di bidang kerajinan sepatu, sandal dan tas berbahan kulit, sebelumnya hanya memasarkan di Yogja dan sekarang telah memasarkan di Jakarta, Bandung, Bali; Kajeng Handicraft, pembuat mainan edukasi dari kayu, yang telah aktif di pameran nasional dan internasional. Kunjungan Indonesia CSR Society bertujuan untuk secara langsung melakukan observasi dengan melihat berbagai aktivitas usaha yang menjadi binaan, sekaligus melakukan pembandingan dan pengukuran lewat wawancara yang dilakukan serta berdiskusi untuk saling berbagi dan bertukar ide, ujar Sapto, yang juga merupakan anggotadari Indonesia CSR Society.

Selain kunjungan ke UMKM Binaan LPB Mitra Bersama Yogyakarta, para peserta juga melakukan kunjungan ke Desa Wisata Goa Pindul dan Desa Wisata Wayang Wukirsari, Bantul.Pada tahun 2013, BCA memberikan bantuan pengembangan infrastruktur, seperti perbaikan kamar bilas dan pengembangan ruang tunggu di lokasi wisata Goa Pindul.Selain hal tersebut, BCA juga memperkenalkan produk dan layanan perbankan yang dapat memberikan kemudahan bagi pengelola maupun pengunjung desa wisata Goa Pindul. BCA senantiasa berupaya menjaga agar komitmen terhadap pemberdayaan manusia dapat terus diimplementasikan dan tentunya kami mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial, termasuk seperti yang dilakukan BCA bersama Indonesia CSR Society yang anggotanya berasal dari berbagai perusahaan dan organisasi, tutup Sapto.

 

1 2 3 4 5 6

 

***

Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 30 Juni 2014)
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakansalahsatu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit bagi segmen korporasi, komersial& UKM dan konsumer. Pada akhir Juni 2014, BCA memfasilitasi layanan transaksi perbankan kepada hampir 13 juta rekening nasabah melalui 1.062 cabang, 14.528 ATM dan ratusan ribu EDC dengan dilengkapi layanan internet banking dan mobile banking.

Untuk informasi lebihlanjut, dapat menghubungi:

PT BANK CENTRAL ASIA TBK
Sekretariat Perusahaan – Sub DivisiKomunikasiKorporasi
Biro HubunganMasyarakat

Alamat : Jl. MH Thamrin No. 1
Menara BCA Grand Indonesia Lt. 22, Jakarta Pusat
Telepon : (021) 2358-8000
Fax : (021) 2358-8300
E-mail : humas@bca.co.id