Sumbangsih Sosial Djarum Foundation bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Kecamatan Cengkareng dan Tambora, serta warga masyarakat telah melakukan Sosialisasi, Pelatihan dan Pembentukan Satuan Tugas (SATGAS) Pencegahan Kebakaran di Wilayah Kecamatan Cengkareng dan Tambora.

“Hingga Oktober 2015 tercatat telah 29 RW dari 11 Kelurahan dengan jumlah anggota lebih dari 2.700 orang mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Pencegahan Kebakaran di Kecamatan Tambora dan Cengkareng. Mereka adalah warga masyarakat yang diharapkan dapat melakukan upaya pencegahan kebakaran pada lingkungan sekitar sekaligus mampu dan sigap menangani kebakaran dalam skala tertentu,” terang Budi Darmawan, Program Manager Bakti Sosial Djarum Foundation.

Hasil positif dari pelatihan ini diakui oleh Subejo, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta. “Meski kejadian kebakaran belum bisa ditekan ke titik nol, namun yang membanggakan adalah meningkatnya peran aktif warga. Kebakaran awal bisa dipadamkan oleh warga sendiri. Sementara unit Dinas Pemadam Kebakaran hanya perlu menangani kejadian kebakaran yang besar.”

“Khusus di wilyah RW binaan Djarum Foundation angka kebakarannya adalah nol persen. Artinya sosialisasi yang dilakukan oleh Djarum Foundation dan Dinas Pemadam Kebakaran berhasil mempengaruhi perilaku dan sikap terhadap bahaya kebakaran,” ujarnya.

Dinas Kebakaran DKI Jakarta mencatat bahwa selama ini wilayah Kecamatan Tambora merupakan wilayah merah, wilayah yang secara rata-rata selalu menempati posisi tertinggi dalam keterjadian kebakaran. Dalam dua tahun terakhir, wilayah Cengkareng juga meningkat angka keterjadiannya.

Hari ini, Minggu 4 Oktober 2015, giliran warga di RW 08 dan RW 12 Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, mendapatkan sosialisasi dan pelatihan tentang kebakaran, sekaligus pelantikan Satgas DAMKAR RW 08 dan RW 12 Kelurahan Kapuk. Materi yang diberikan dalam sosialisasi dan pelatihan pencegahan kebakaran adalah pengenalan instalasi listrik, tabung gas, unsur-unsur pembentuk api dan macam-macam alat pemadam kebakaran.

Selain itu SATGAS juga dilatih cara-cara pemadaman api, mulai dengan peralatan sederhana seperti karung basah hingga penggunaan tabung pemadam api. Djarum Foundation dalam kegiatan ini memberikan sumbangan alat pemadam kebakaran berupa 30 buah Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) kepada masing-masing RT dan 15 buah Fireblanket serta 2 buah Alat Pemadam Kebakaran Beroda (APAB) untuk RW 08 dan RW 12 Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng.

Pelibatan warga merupakan aspek utama dalam upaya pencegahan kebakaran ini. Kebakaran hunian merupakan salah satu masalah sosial yang sebenarnya dapat diminimalisir bila terdapat partisipasi aktif warga dalam pencegahan dan penanganan. ***