CSR atau Corporate Social Responsibility mungkin sudah sering kita dengar sehari-hari, mulai dari perusahaan yang besar hingga terkecil pasti pernah melakukan program csr bagi kemajuan ataupun perkembangan perusahaannya, jadi apa itu CSR?

Pada halaman Wikipedia sendiri mendiskripsikan CSR atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut Tanggung Jawab Sosial perusahaan sebagai “suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya). perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang”.

Bisa disebut dengan sederhana bahwa CSR merupakan ajang dimana perusahaan mencari nama, dan hati masyarakat agar lebih dikenal sehingga produk produk yang mereka hasilkan tentu saja sukses dipasar.

Dan disini saya mengambil contoh CSR yang dilakukan oleh salah satu perusahaan dengan produk semen terbesar diindonesia yakni, Semen Gresik. Saya sendiri sebagai pengguna sepeda motor beberapa hari terakhir banyak menemui pot-pot tanaman yang bergambarkan logo semen gresik dijalan raya yang membuat pemandangan kota Pontianak sendiri menjadi terkesan lebih rapi dan humanis untuk pejalan kaki.

Tak hanya itu, semen gresik sendiri juga mempunyai program pengembangan pemuda melalui Grup Marching Band yang bernama Marching Band Semen Gresik yang sekarang sudah berubah nama menjadi Marching Band Semen Indonesia dibawah Band Director Andi Hassan, salah satu maestro marching band internasional.

“alhamdulillah melalui program corporate social responsibility ini dapat terbentuk marching band semen Indonesia yang sekarang sudah membawa nama besar Indonesia diinternasional, bukan Cuma itu bukti adanya marching band ini juga merupakan wujud dimana semen gresik tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar tetapi juga merupakan bentuk dan wadah untuk pengembangan bakat dan minat pemuda” begitu lah jawab salah satu pemain dan alumni dari MBSI saat saya tanyai tentang program CSR yang diterapkan oleh semen gresik.

Program CSR yang dapat dilakukan oleh perusahaan tidak hanya dalam bentuk kegiatan kegiatan sosial semata, lebih dari itu banyak sekali cangkupan program CSR yang mencangkup kehidupan sehari-hari. Walaupun pada awalnya program CSR ini dianggap menjadi beban atau cost lebih oleh perusahaan karena menganggarkan dana yang cukup besar, tetapi melalui adanya Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (“UUPT”) serta Peraturan Pemerintah No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial Dan Lingkungan Perseroan Terbatas ini mewajibkan kepada seluruh perusahaan untuk ikut melaksankan program CSR atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ini.

Sumber: Kompasiana.com