JAKARTA — Apresiasi yang tinggi terhadap kontribusi dunia usaha dan lembaga dalam melaksanakan corporate social responsibility (CSR)/community development melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat masih menjadi fokus Corporate Forum for Community Development (CFCD).

Setelah tercatat beberapa kali menganugerahkan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai terbaik dalam menjalankan nilai-nilai sosial bagi masyarakat, pada tahun 2017 ini CFCD kembali menyelenggarakan awards di bidang CSR dan sustainable development.

Peluncuran  Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) dan Indonesian Corporate Social Responsibility Awards (ICA) 2017 dilaksanakan di Jakarta, Selasa (28/2).

“Peluncuran ISDA dan ICA 2017 diselenggarakan untuk memperkenalkan pengembangan penilaian penyelenggaraan award dari kegiatan sebelumnya dan sebagai sarana berbagi informasi CSR/CD dan memperkuat jaringan antarpemangku kepentingan,” kata Ketua Umum CFCD   Tri Harjono dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (2/3).

Tri Harjono menambahkan,  pemberian Anugerah ISDA tahun 2017 akan dilaksanakan pada 8 September 2017 mengacu pada SDGs 2030 dengan judul “Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2017”. ISDA 2017 dapat diikuti dalam bentuk tipe kegiatan perusahaan/lembaga dalam pencapaian 12 (dua belas) dari 17 (tujuh belas) tujuan SDGs dan tipe kegiatan perseorangan (manajemen, lapangan/ cdo/social workers dan pelaku lembaga mitra).

ICA merupakan event yang diselenggarakan tiga tahun sekali, rentang waktu yang dirasa tim penilai cukup bagi perusahaan untuk mulai tumbuh, berkembang dan mandiri menjadi sebuah best practice (praktik terbaik) dalam mencapai keberlanjutan (sustainability). Pemberian Anugerah ICA ke-5 tahun 2017  akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2017. ICA dapat diikuti oleh peserta perusahaan/lembaga/institusi maupun perseorangan.

Wakil Ketua Umum CFCD  Iskandar Sembiring  menjelaskan,  pada peluncuran ISDA dan ICA 2017 ini turut berpatisipasi beberapa perusahaan multi national corporation (MNC) swasta nasional dan BUMN.  Perusahaan-perusahaan tersebut adalah PT Kideco Jaya Agung, PT Pertamina Lubricants, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, Tanoto Foundation, PT BPD Jawa Timur, PT Meares Soputan Mining, PT Semen Padang, PT Aneka Tambang, Tbk. dan PT Semen Tonasa.

Untuk mengikuti awards ini peserta dapat mengisi formulir pendaftaran berbasis aplikasi IT/Assessment Tools dan submit ke website www.indonesiacsraward.id.

Sumber: Republika.co.id