Lampung, 4 September 2015 — Melanjutkan upaya dalam menekan jumlah kebutaan akibat katarak di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menggelar operasi katarak gratis bersama Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami). Kali ini, operasi katarak gratis dilakukan di Lampung Timur pada tanggal 4 September 2015 di RSUD Sukadana. Penjabat Bupati Lampung Timur Tauhidi, Kepala BCA Kantor Cabang Utama (KCU) Metro Erlangga Kariyanto, penanggung jawab dokter dari PERDAMI Bangkit Damayanti hadir meninjau pelaksanaan operasi katarak yang diperkirakan dapat menjangkau 110 pasien ini.

“Sebagai bukti nyata komitmen BCA dalam mendukung upaya pencegahan kebutaan akibat katarak, BCA kembali menyelenggarakan operasi katarak gratis di Lampung. Seperti yang kita ketahui, kebutaan akibat katarak merupakan penyakit yang dapat dicegah. Oleh karena itu operasi yang dilakukan hari ini diharapkan dapat mengurangi angka kebutaan di daerah Lampung, khususnya Lampung Timur,” ujar Erlangga.

Katarak merupakan kekeruhan pada lensa mata yang menyebabkan gangguan penglihatan. Jika sudah parah, selaput katarak dapat menghalangi masuk cahaya secara total sehingga mengakibatkan kebutaan. Selama dua dekade terakhir, sudah banyak kemajuan yang dicapai dalam penurunan angka kebutaan secara signifikan. Pada tahun 1990-an, angka kebutaan nasional sekitar 1,47 persen, sementara studi validasi Riskesdas Perdami tahun 2013 memperlihatkan angka kebutaan nasional sebesar 0,6 persen. Tingginya angka kebutaan yang salah satunya disebabkan oleh katarak ini disebabkan kurangnya pemahaman masyarakat bahwa kebutaan ini dapat dicegah dan ketidakmampuan mengakses operasi katarak.

“Oleh karena itu, BCA bekerja sama dengan SPBK Perdami secara reguler operasi katarak gratis. Kami berharap dengan mengikuti operasi, masyarakat dapat kembali beraktivitas secara normal kembali,” ujar Erlangga.

Pada hari ini, selain mengadakan operasi katarak di Sukadana Lampung Timur, BCA juga mengadakan operasi katarak gratis bagi warga Lampung Barat di RSUD Liwa. Di RUSD Liwa, BCA dan SPBK Perdami menerima 160 warga yang mendaftar untuk ikut serta dioperasi.

Kerja sama antara BCA dan SPBK Perdami telah berlangsung sejak 2001. Bertepatan dengan ulang tahun BCA yang ke-58 lalu, BCA telah menyerahkan 13 alat operasi katarak dan 2 alat Biometri untuk mendukung SPBK Perdami dalam mengerjakan misinya menurunkan angka buta katarak di Indonesia. Selain itu masih dalam rangka HUT BCA, BCA juga mendukung penyelenggaraan operasi katarak gratis di RS Klinik Medika Lestari Ciledug. Memperingati hari nelayan ke-55, BCA menggelar operasi katarak gratis kepada masyarakat di Klinik Mata Cikakap, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat setelah sebelumnya mengadakan operasi katarak di Balangan, Kalimantan Selantan. ***